Pengembangan
Produk Baru
A.
Pengertian
Pengembangan
Produk Baru
Perkembangan produk baru adalah suatu proses dari
pencarian ide-ide untuk barang-barang dan pelayanan-pelayanan baru, dan
mengubahnya menjadi tambahan lini produk yang berhasil secara komersil (
Darymple & Parsons, 2000, p. 219 ). Alasan dasar perusahaan mengembangkan
produk baru adalah untuk menggantikan item-item yang telah kehilangan minat
dari konsumen. Pengenalam item baru membantu meningkatkan pendapatan dan
keuntungan bagi perusahaan
Berikut ini penjelasan pengembangan
produk dari beberapa tokoh:
1.
Assaury (1996) mengatakan bahwa pengembangan produk (product
development) adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan dalam
menghadapi kemungkinan perubahan suatu produk ke arah yang lebih baik sehingga
dapat memberikan daya guna maupun daya pemuas yang lebih besar.
2.
Guiltinan (1991) mengatakan bahwa pengembangan produk
(product develpoment) adalah suatu kebutuhan dan keinginan yang selalu
berubah mengakibatkan adanya segmen baru atau adanya persaingan dan perubahan
teknologi.
3.
Sigit (1992) mengatakan bahwa pengembangan produk (product
development) disebut juga merchandising adalah kegiatan-kegiatan manufacturer
( pembuat barang ) atau middlemen ( perantara ) yang bermaksud melakukan
penyesuaian barang-barang yang dibuat atau ditawarkan untuk dijual atas
permintaan pembeli.
4.
Kotler dan Armstrong (1996) mengatakan bahwa pengembangan produk adalah strategi
untuk pertumbuhan perusahaan dengan menawarkan produk baru atau yang
dimodifikasi ke segmen pasar yang sekarang.
Keempat
pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk
adalah suatu usaha yang dilakukan perusahaan melalui perbaikan bentuk,
penyederhanaan, pembentukan kembali, menambah desain atau model dengan tujuan
untuk meningkatkan kepuasan konsumen atau pelanggan.
B.
Konsep Produk Baru
Pengembangan produk baru tidak terlepas dari biaya
ketidakpastian, dan kegagalan. Menurut Cooper(1993), mayoritas program
pengembangan produk gagal mencapai pasar sasaran dari produk baru yang
benar-benar bisa mencapai pasar, sekitar 35% diantarannya mengalami kegagalan.
Oleh sebab itu, oleh perusahaan membutuhkan proses dan alat analisis yang cermat
dan andal dalam rangka pengembangan produk baru.
Konsep produk baru dari dua perspektif, yakni :
1. Baru bagi
pasar (new to market) yang mengandung arti belum ada perusahaan yang
memproduksi atau memasarkan produk tersebut sebelumnya.
2. Baru bagi
perusahaan bersangkutan (new to deferm) artinya perusahaan-perusahaan lain
sudah membayarkan produk tersebut tetapi perusahaan bersangkutan belum
memasarkannya.
Kategori Produk
Baru
Secara garis besar, aktivitas pengembangan produk baru bisa menghasilkan 6 macam
tipe produk baru:
1. Produk Baru
Bagi Dunia (New to the world products), yaitu produk-produk yang menciptakan
pasar yang sama sekali baru dan membentuk siklus hidup produk yang baru.
2. Lini Product
baru (New Product Line), yaitu produk-produk yang baru bagi perusahaan, namun
diluncurkan bagi pasar yang sudah ada.
3. Perluasan
lini (Line Extension), yaitu produk baru yang memungkinkan perusahaan
memperluas pasar yang dilayani dengan menawaran manfaat yang berbeda.
4. Penyempurnaan
produk yang telah ada (improvement to exsisting products), yaitu produk-produk
yang biasanya dirancang untuk menggantikan penawaran produk yang sudah ada.
5. Re-positioning,
yaitu pengembangan teknis yang memungkinkan suatu produk menawarkan aplikasi
baru dan melayani kebutuhan yang baru.
6. Pengurangan
biaya (cost redaction), yaitu versi dari produk yang ada yang dapat memberikan
kinerja setara pada tingkat harga yang lebih murah.
C.
Inovasi
Dan Pengembangan Produk Baru
Produk
baru menjadi pusat perhatian seluruh perusahaan, karena sumbangannya jelas
untuk kelangsungan hidup dan kemakmuran perusahaan. Perencanaan produk baru
merupakan kegiatan strategis yang penting dan menuntut. Produk baru, yang
disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, membantu memperkuat posisi organisasi di
pasar yang sudah ada dan untuk berpindah ke pasar produk baru.
Perusahaan penting mengembangkan produk
baru karena untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan dan keunggulan perusahaan
dan mengganti produk lama. Kenapa perlu adanya pengembangan produk, hal ini
salah satu strategi untuk memperpanjang daur hidup produk (life cycle product)
sehingga produk tidak mengalami tahap decline. Pengembangan produk ini
diperlukan jika produk sudah memasuki tahap maturity yaitu, dimana produk
perusahaan mengalami titik jenuh, ditandai dengan tidak terjadi penambahan
konsumen sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu. Jika produk sudah
mencapai tahap ini, dan perusahaan tidak segera melakukan strategi untuk
menarik perhatian konsumen dan para pedagang. Hal ini akan mengakibatkan
keuntungan yang diperoleh semakin menurun serta penjualan yang cenderung turun.
Sebagian
besar pelaku usaha pastinya berusaha untuk menciptakan produk baru yang belum
pernah ada sebelumnya. Strategi ini memang cukup efektif, sehingga produk yang
diciptakan memiliki daya saing yang cukup kuat dan mampu bertahan di tengah
padatnya persaingan pasar. Selain menciptakan produk baru, juga bisa
mengembangkan produk yang sudah ada menjadi produk yang luar biasa. Dalam hal
ini bisa meningkatkan kualitasnya, memperbaharui bentuknya, atau mempercantik
kemasan produknya. Ada beberapa
hal yang bisa
dilakukan dalam menciptakan produk baru :
a. Produk unik dan menarik
Sebagian besar pelaku usaha pastinya berusaha untuk
menciptakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya. Strategi ini memang
cukup efektif, sehingga produk yang diciptakan memiliki daya saing yang cukup
kuat dan mampu bertahan di tengah padatnya persaingan pasar. Selain menciptakan
produk baru, juga bisa mengembangkan produk yang sudah ada menjadi produk yang
luar biasa. Dalam hal ini bisa meningkatkan kualitasnya, memperbaharui
bentuknya, atau mempercantik kemasan produknya.
b. Memanfaatkan teknologi modern inovasi produk
Strategi
inovasi juga bisa dijalankan dengan memanfaatkan bantuan teknologi modern dalam
setiap proses produksi maupun operasional usaha. Dengan begitu bisa lebih
produktif, memiliki daya saing produk yang lebih tinggi, serta bisa lebih
teliti untuk mengurangi resiko kesalahan kerja yang disebabkan oleh human error.
c. Meningkatkan kualitas SDM
Untuk
menciptakan produk yang inovatif, tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang
berkompetensi dan memiliki kreativitas cukup tinggi. Karenanya sebelum
merencanakan sesuatu yang inovatif, penting untuk meningkatkan pengetahuan dan
kemampuan karyawan sesuai dengan perkembangan perusahaan. Sebab, tanpa
tangan-tangan kreatif, mustahil sebuah produk inovatif bisa tercipta.
d. Meningkatkan Pelayanan
Disamping
strategi inovasi dengan menciptakan sebuah produk, juga bisa menawarkan
pelayanan khusus bagi konsumen. Misalnya saja melayani pemesanan secara online,
memberikan layanan delivery order, serta menawarkan paket one stop service
untuk memberikan total solusi bagi para konsumen.
Kreatifitas dan Inovasi sering digunakan bergantian,
namun ada perbedaan mendasar. Sebenarnya kreatifitas adalah sebuah bagian
penting dalam inovasi. Kreativitas tidak cukup hanya datang dengan ide-ide.
Kreatifitas adalah prasyarat untuk inovasi dan transformasi
organisasi, karena tanpa kreativitas, inovasi tidak berarti, dan transformasi
tersebut akan kurang lebih sama dengan sebelumnya. Tanpa inovasi, ide-ide
kreatifitas tidak akan pernah diterapakan.
Kreatifitas menciptakan solusi untuk masalah dan inovasi
melibatkan pelaksanaan. Definisi inovasi produk dan jasa ( Crawford Dan De
Benedetto 2000) adalah Inovasi yang digunakan dalam keseluruhan operasi
perusahaan dimana sebuah produk baru diciptakan dan dipasarkan, termasuk
inovasi disegala proses fungsional atau kegunaannya. Jadi, Inovasi bukanlah
sebuah konsep dari suatu ide baru atau penemuan baru tetapi inovasi merupakan
gabungan dari semua proses-proses tersebut.
Dalam (Kotler, 2002) Tujuan perusahaan untuk melakukan
inovasi produk untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan karena produk
yang telah ada renten terhadap perubahan kebutuhan dan selera konsumen,
teknologi, siklus hidup produk yang lebih singkat, serta meningkatnya
persaingan domestik dan luar negeri.
Pada saat ini ditengah persaingan yang begitu ketat,
barang yang ditawarkan kepada konsumen haruslah bervariasai dengan segala
kelebihan dan kecanggihannya. Inovasi produk yang dilakukan haruslah melalui
penelitian pasar agar produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan selera dan kebutuhan
konsumen.
D.
Tipologi
Produk Baru
Mampelajari
mengenai pengembangan produk baru, tentu sangatlah luas. Perusahaan –perusahaan
umumnya berupaya terus menerus menciptakan produk baru. Tetapi tidak menutup
kemungkinan terdapat perusahaan yang tidak melakukan pengembangan produk baru
yang sangat lama. Dari kreteria ini, perusahaan dapat kita kelompokkan dalam
Tipologi pengembangan produk baru.
Konsep Tipologi Strategi Miles dan Snow
(1978):
a. Prospectors
Merupakan
jenis perusahaan yang menggunakan
strategi yang mementingkan pada inovasi, dan kreativitas untuk menciptakan
produk baru atau pasar baru. Perusahaan berusaha untuk selalu menjadi pioneer
dalam bersaing, dan rela mengorbankan internal efisiensi untuk berinovasi, dan
kreasi. Strategi ini perlu dukungan dari staf yang benar-benar ahli, dan
mempunyai kemampuan, sehingga praktik sumberdaya manusianya menekankan pada
pencarian sumberdaya manusia yang mampu menciptakan perubahan, dan mempunyai
kreativitas tinggi. Jika sumberdaya internal tidak memenuhi, organisasi akan
rela mencari dari sumber eksternal meskipun dengan biaya tinggi.
b. Defenders
Merupakan organisasi yang menekankan penggunaan
strategi stabilitas, dan kelangsungan hidup usaha. Perusahaan ini sangat
mempertahankan inti bisnisnya atau core business, tanpa banyak melalukan
perubahan. Perhatian pimpinan organisasi pada stabilitas jangka panjang.
c. Analyzer
Merupakan
perusahaan yang menggunakan strategi diantara defenders, dan prospectors.
Artinya perusahaan ini tidak terlalu berani mengambil resiko besar dalam
berinovasi, tetapi tetap berusaha menciptakan keunggulan dalam pelayanannya
kepada pasar.
d. Reactor
Merupakan jenis perusahaan yang lebih banyak ditekan
oleh lingkungan, karena kurang memperhatikan adanya perubahan lingkungan dan
sistem persaingan. Perusahaan jenis ini lebih mementingkan efisiensi, menekan
biaya termasuk menekan pada sumberdaya manusia.
Teori
Strategi pengembangan produk baru juga dapat di lihat dari pengaruh
perkembangan pasar. Hal ini tidak lepas dari faktor potensi keuntungan maupun
resiko yang akan ditimbulkan dari strategi pengembangan produk.
Berikut
ini strategi pengembangan produk baru selain teori Miles and Snow yang
digolongkan menjadi dua golongan. Diantaranya yaitu Strategi Reaktif dan
Strategi Proaktif.
1.
Strategi Proaktif (Proactif
Strategi)
Strategi
ini merupakan strategi pengembangan produk yang dilakukan untuk mengantisipasi
kondisi dimasa depan. Pengembangan produk dimulai dari perusahaan sendiri.
Beberapa bentuk dari strategi proaktif diantaranya sebagai berikut:
a.
Penelitian dan
Pengembangan (Research and Development).
Strategi
ini menempatkan perusahaan untuk terus berusaha mengembangkan produknya secara
teknis.
Contohnya:
Perusahaan
PT. ABC menginvestasikan modal yang cukup banyak pada bagian R&D-nya.
Hasilnya muncul produk Kecap ABC, Saus ABC, Mie ABC, Sirup ABC, dan produk yang
lainnya.
b.
Pemasaran (Marketing)
Strategi
ini menempatkan konsumen sebagai pertimbangan pertama dalam membuat produk yang
sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Contohnya:
PT.
Nutrifood Indonesia mengadakan survey skala besar mengenai produk apa yang
dibutuhkan oleh konsumen diabetes baik langsung maupun tidak langsung. Akhirnya
dari sekian banyak hasil survey, konsumen diabetes membutuhkan gula yang bisa
untuk diabetes. Akhirnya terciptalah Tropicana Slim.
c.
Pengusaha (Entrepreneurrial)
Strategi ini memberi kesempatan
kepada seorang pengusaha (entrepreneur) untuk mewujudkan idenya dengan
membuat divisi tersendiri dan mengumpulkan sumbernya. Strategi ini dilaksanakan
pada perusahaan yang sudah besar dan mapan.
Contohnya:
Google
merupakan perusahaan yang terkemukan didunia. Produk yang dihasilkannya pun
sudah membantu dengan kebutuhan konsumennya. Seperti Google map, goolge search
engine, google plus, dan email. Produk Google memiliki kualitas yang mendunia,
inovatif, dan handal. Dengan segala kemapanan yang dimiliki, perusahaan ini
menciptakan suatu bagian yang khusus memperkerjakan pegawai berjiwa inventor,
kreatif, inovatif, dan berfikir secara tidak biasa (think out of the box) yang
ditugaskan untuk menciptakan atau mengembangkan produk yang dapat menjadi
kiblat atau trendsetter dunia. Akhirnya muncullah produk Google Glas yang
menjadi trendsetter terhadap produk sejenis.
d.
Akuisisi (Acquisition)
Strategi ini melibatkan
perusahaan untuk mengambil alih atau membeli perusahaan lain yang menghasilkan
suatu produk yang sama sekali baru bagi perusahaan atau bahkan bagi pasar.
Contohnya:
Prusahaan
Facebook merupakan Perusahaan yang bergeerak dibidang Jejaring Sosial. Facebook
baru-baru ini mengakuisisi perusahaan Whatsapp yang bergerak dibidang
Messanger. Keputusan ini diambil mengingat Whatsapp merupakan aplikasi Mesanger
yang tidak dikenai biaya dan penggunannya banyak.
2. Strategi Reaktif (Reactive Strategi)
Strategi pengembangan produk
yang dilakukan sebagai respon dari kondisi pasar atau pesaingnya. Beberapa
bentuk dari strategi proaktif, yaitu sebagai berikut.:
a.
Strategi
Defensif (Defensive Strategy).
Strategi ini dilakukan dengan
menciptakan suatu aksi untuk melindungi perusahan terhadap produk baru yang
dikeluarkan pesaing yang meraih sukses di pasar.
Contohnya:
Perusahaan
Samsung baru saja meluncurkan ponsel Galaxy S 5 yang meraih kesuksesan dipasar.
Perusahaan HTC asal Taiwan yang merupakan kompetitor dari perusahaan Samsung
yang bermain di ponsel cerdas (smartphone) kemudian berinisiatif untuk
mengadakan promoo diskon untuk setiap pembelian ponsel HTC. Hal ini dilakukan
demi menjaga pasar yang selama ini perusahaan HTC miliki.
b.
Strategi
Imitatif (Imitative Strategy).
Strategi ini dilakukan dengan
meniru produk baru dengan cepat sebelum produk tersebut mendapat pasaran yang
kuat.
Contohnya:
Misal
Perusahaan Samsung dikabarkan akan segera meluncurkan ponsel Galaxy S 6 yang
memiliki model dan desain menarik serta akan meraih kesuksesan dipasar.
Perusahaan Handphone asal Cina membuat strategi untuk meniru model ponsel Galaxy S 6, meskipun sistem operasi dari ponsel tersebut tidak
sama.
c.
Strategi Second
but better
Strategi ini dilakukan dengan
sebelumnya menunggu hasil pemasaran produk baru dari pesaingnya; lalu tidak
hanya meniru produk pesaing, tetapi juga memperbaikinya dan memperkuat
posisinya di pasaran.
Contohnya:
Misal
Perusahaan Samsung dikabarkan akan segera meluncurkan ponsel Galaxy S 6 yang
memiliki model dan desain menarik serta akan meraih kesuksesan dipasar.
Perusahaan Handphone asal Cina membuat strategi untuk meniru model ponsel Galaxy s6 dan mengembangkan system operasi berbasis android versi terbaru atau versi lain
yang lebih unggul.
d.
Strategi Responsif
Strategi ini dilakukan dengan
mengakomodasi keinginan konsumen.
Contohnya:
Perusahaan
Aple meluncurkan ponsel Iphone 5 yang memiliki model dan desain menarik. Ponsel
ini merupakan hasil dari berbagai keinginan dan permintaan pasar untuk
penyempurnaan atas kekurangan keluaran ponsel sebelumnya yaitu Iphone 3, dan 4
E.
Proses
Pengembangan Produk Baru
Menciptakan produk baru membutuhkan ide dan berbagai
kreativitas yang tidak bisa dianggap main-main. Butuh berbagai tahapan hingga
akhirnya suatu organisasi atau perusahaan mampu menciptakan pengembangan untuk
produk baru yang bisa diterima oleh masyarakat. Pengembangan untuk produk baru
itu sendiri merupakan suatu hasil inovasi yang mana keberhasilannya akan sangat
ditentukan oleh kualitas dari produk yang dikembangkan. Melalui beberapa proses
penting untuk pengembangan produk baru, pastinya sangat bagus untuk menjadi
referensi dalam menciptakan suatu inovasi produk unggulan.
Perusahaan
banyak yang menghadapi sebuah masalah, dimana mereka harus menciptakan produk baru, tetapi
kemungkinan berhasil sukses terhadap produk tersebut sangat kecil. Secara
keseluruhan, untuk menciptakan produk baru yang berhasil. Perusahaan harus
memahami pelanggannya, pasar, pesaing, serta pengembangan produk yang
memberikan nilai unggul bagi pelanggan. Perusahaan harus mempunyai rencana
produk baru yang kuat dan mempersiapkan proses pengembangan produk baru yang
sistematis
Pengembangan
produk baru dimulai dengan penciptaan ide. Perusahaan menemukan dan
mengembangkan ide produk baru dari berbagai sumber. Banyak ide produk baru
berasal dari sumber internal. Perusahaan mengadakan riset dan pengembangan
resmi, memilih ide dari karyawan mereka, dan mengadakan tukar pikiran dalam
rapat eksekutif. Ide lain datang dari sumber eksternal. Dengan mengadakan
survei dan kelompok fokus serta mengalisis pertanyaan dan keluhan pelanggan,
perusahaan dapat menghasilkan ide produk baru yang akan memenuhi kebutuhan
spesifik konsumen.
Menurut Kotler,
langkah-langkah penting dalam pengembangan produk yang terlihat dalam gambar
dibawah ini :
1. Pemunculan
gagasan (idea generation)
Pengembangan baru dimulai dengan penelitian
terhadap berbagai gagasan produk baru. Pemunculan gagasan baru harus
sesuai dengan jenis usaha perusahaan dan konsumen sebagai salah satu sumber
yang paling logis untuk mencari gagasan-gagasan produk baru.
2. Penyaringan gagasan
(idea screening)
Tujuan penyaringan adalah mengurangi banyaknya
gagasan dengan mencari dan menghilangkan gagasan buruk sedini mungkin.
3. Pengembangan
dan pengujian konsep (concept development and testing)
Suatu ide atau
gagasan yang lolos penyaringan selanjutnya dikembangkan menjadi beberapa
alternatif konsep produk. Dalam hal ini, konsep produk berbeda dengan gagasan
produk dan citra produk. Suatu gagasan produk adalah gagasan bagi kemungkinan
produk yang oleh perusahaan dianggap bisa ditawarkan ke pasar. Suatu konsep
produk adalah versi terinci dari ide yang diungkapkan dalam istilah konsumen
yang punya arti. Sedangkan suatu citra produk (image) adalah gambaran
khusus yang diperoleh dari produk nyata atau calon produk.
4. Pengembangan
strategi pemasaran (marketing strategy development)
Pernyataan strategi pemasaran terdiri dari tiga bagian untuk
memperkenalkan produk ke pasar. Bagian pertama menjelaskan ukuran, struktur,
dan tingkah laku pasar sasaran, penempatan produk yang telah direncanakan,
penjualan, bagian pasar, serta sasaran keuntungan yang hendak dicari pada
beberapa tahun pertama. Bagian kedua dari pernyataan strategi pemasaran
menguraikan harga produk yang direncanakan, strategi distribusi, dan biaya
pemasaran selama tahun pertama. Bagian ketiga menjelaskan penjualan jangka
panjang yang direncanakan, serta sasaran keuntungan dan strategi bauran
pemasaran selama ini.
5. Analisis usaha (business analysis)
Bila manajemen
telah menentukan konsep produk dan strategi pemasaran, perusahaan bisa
mengevaluasi daya tarik usulan usaha itu. Manajemen harus menilai penjualan,
biaya, dan perkiraan laba untuk menentukan apakah mereka telah memenuhi tujuan
perusahaan. Jika telah memenuhi, produk bisa bergerak maju ke langkah
pengembangan produk.
6. Pengembangan produk (product development)
Bila konsep produk lolos
dari uji analisis usaha, konsep itu lalu menuju riset dan pengembangan dan/atau
rekayasa untuk dikembangkan menjadi produk fisik. Bagian riset dan pengembangan
membuat satu atau beberapa versi bentuk fisik dari konsep produk agar bisa
menemukan sebuah prototipe yang memenuhi konsep produk dan dapat diproduksi
dengan biaya produksi yang telah dianggarkan.
7. Pengujian pasar (market
testing)
Pengujian pasar
ialah keadaan dimana produk dan program pemasaran diperkenalkan kepada kalangan
konsumen yang lebih otentik untuk mengetahui bagaimana konsumen dan penyalur
mengelola, memakai, dan membeli-ulang produk itu dan seberapa luas pasar yang
dimilikinya.
8. Komersialisasi (Commercialization)
Tahap komersialisasi menyangkut perencanaan dan pelaksanaan strategi
peluncuran (launching strategy) produk baru ke pasar. Dalam melemparkan
suatu produk, perusahaan harus memutuskan: kapan, dimana, pada siapa, dan
bagaimana produk baru tersebut akan diluncurkan ke pasar.
Selain hal – hal diatas. Point penting lainnya
adalah Diferensiasi menjadi suatu strategi yang baik. Adanya diferensiasi
menjadikan suatu produk memilki identitas yang khas dan unik. Sehingga menjadi
pembeda bagi produk pesaing dan memungkinkan untuk sulit ditiru. Terkadang
pula, perilaku konsumen yang sangat sensitif terhadap sesuatu yang baru dan
beda, menjadikan suatu produk yang memiliki diferensiasi dengan produk
pesaingnya sangat dicari konsumen.
Beberapa proses tersebut merupakan tahapan yang harus
diperhatikan oleh perusahaan dalam rangka pengembangan produk baru. Mengingat
tingginya persaingan bisnis, hal-hal tersebut tentu harus benar-benar harus
diterapkan agar produk yang dihasilkan benar-benar produk yang mampu membantu
perusahaan dalam mencapaki tujuan bisnis.
Melalui proses tersebut, banyak manfaat yang akan
diperoleh oleh perusahaan atau organisasi diataranya perusahaan bisa
menghasilkan inovasi produk baru yang mendapat respon positif dari masyarakat
melalui proses yang tepat
F.
Faktor Penghambat Pengembangan Produk
Baru
Pengembangan produk baru tidak hanya mengakibatkan
keberuntungan semata. Melainkan pengembangan produk baru memiliki resiko
kegagalan. Di Indonesia beberapa produk
baru gagal dipasaran, seperti produk minuman berkalori tinggi Frezzy Malta dari
Multi Bintang, rokok Sampoerna Executive dan Super-20 dari Sampoerna. Produk-broduk baru terus mengalami kegagalan
pada tingkat yang mencemaskan. Tingkat kegagalan untuk produk baru untuk
paket-paket produk yang didominasi perluasan lini produk diperkirakan 80% menurut
Clancy dan Robert S.. Shulman dalam bukunya yang berjudul The Marketing Revolution: A Raaadical
Manifesto for Dominating The Markeplace.
Perkiraan ini tentu saja bergantung pada bagaimana
periset mendefinisikan kegagalan produk baru, misalnya apakah jika produk
tersebut gagal memberikan laba ataukah jika menghasilkan laba lebih rendah
daripada yang diharapkan. Kegagalan produk baru ini dapat disimpulkan kaarena
dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini faktor-faktor yang menghambat
pengembangan produk baru:
1. Kekurangan ide produk baru yang penting dalam
bidang-bidang tertentu : mungkin hanya ada sedikit cara yang dapat meningkatkan
beberapa produk dasar seperti baja, sabun cuci, dsb.
2. Pasar yang terbagi-bagi : persaingan yang
tajam menyebabkan pembagian pasar. Perusahaan harus mengarahkan produk barunya
pada segmen pasar yang lebih kecil, dan ini berarti penjualan dan laba yang
lebih rendah untuk tiap produk.
3. Kendala sosial dan pemerintahan : produk baru
harus memenuhi kriteria masyarakat seperti keselamatan konsumen dan
keseimbangan lingkungan. Peraturan pemerintah telah memperlambat inovasi dalam
industri obat dan telah memperumit rancang produk dan keputusan periklanan
dalam industri-industri seperti industri peralatan , kimia, mobil, dan mainan.
4. Mahalnya proses pengembangan produk baru :
suatu perusahaan biasanya harus menghasilkan banyak ide produk baru agar dapat
memperoleh beberapa yang baik.
5. Kekurangan modal : beberapa perusahaan yang
memiliki ide-ide yang baik tidak dapat memperoleh modal yang cukup untuk
melakukan penelitian.
6. Waktu pengembangan yang lebih cepat : para
pesaing mungkin memperoleh ide yang sama pada waktu yang sama, dan kemenangan
akan diraih yang paling cepat. Perusahaan-perusahaan yang waspada harus
mempercepat waktu pengembangannya dengan menggunakan teknik rancang dan
manufaktur yang dibantu komputer, mitra strategis, pengujian monsep awal, dan
perencanaan pemasaran lanjutan.
7. Siklus hidup produk yang lebih pendek : jika
suatu produk baru berhasil, pesaing dengan cepat menirunya sehingga siklus
hidup produk baru menjadi lebih pendek.
G.
Faktor Pendorong Keberhasilan Produk Baru
Bannyak hal yang dapat menjadi sumber pendorong
diperlukannya suatu pengembangan produk baru. Pendorong ini berasal dari dalam
organisasi perusahaan atau dari lingkungan eksternal perusahaan. Adapun
faktor-faktor perusahaan tersebut adalah :
1. Financial goals.
Tekanan untuk mencapai tujuan keuangan seperti laba,
pangsa pasar, penerimaan, kebuutuhan investasi dan lain-lain menjadi pendorong
dilakukannya pengembangan produk baru.
2. Sales &
Market Share Growth.
Pertumbuhan
penjualan merupakan tujuan penting bagi sebagian perusahaan. Begitu juga dengan
kekuatan yang dimiliki dipasar melalui penguasa pasar yang ada juga merupakan
sesuatu pendorong diperlakukannya pertumbuhan penjualan
3. Competitive
action.
Motivasi
untuk bersaing merupakan salah satu pendorong perusahaan memikirkan produk baru
sehingga memiliki kekuatan dan perbedaan dipasar.
4. Life cycle.
Setiap
produk yang ditawarkan sekarang oleh perusahaan memiliki keterbatasan didalam
waktu pemasarannya. Mereka memiliki batasan waktu sebelum produk tersebut
mengalami penurunan dalam penjualan karena beralihnya konsumen pada produk yang
lain. Untuk menjaga hal tersebut diperlukan pengembangan produk baru.
5. Technology.
Berkembangnya
teknologi memungkinkan orang untuk menawarkan sesuatu yang lebih baik dari
penawarannya sekarang, sehingga akan melahirkan produk baru bagi perusahaan
maupun pesaing.
6. Regulation.
Peraturan-peraturan
yang dikeluarkan pemerintah akan memberikan batasan-batasan tertentu pada
produk yang sudah ada sehingga diperlukan suatu produk baru agar tidak dikenai
aturan-aturan tersebut. kebutuhan mesin yang tidak menyemari udara merupakan
salah satu regulasi yang mendorong munculnya produk baru.
7. Material
cost and availability.
Biaya
yang meningkat untuk bahan baku tertentu mendorong perusahaan untuk mencari
alternatif lain sehingga akan mendorong lahirnya produk baru. Begitu juga
halnya dengan keterbtasan bahan baku juga mendorong perusahaan mencari bahan
baku pengganti.
8. Invention.
Penemuan
yang diperoleh dari hasil penelitian dan pengembangan juga mendorong lahirnya
produk baru.
H.
Strategi Peluncuran Produk Baru
Dalam pengembangan produk baru,
tahapan awal yang harus diperhatikan adalah tahap perencanaan produk.
Perencanaan produk yang matang akan meningkatkan keberhasilan dalam
pengembangan produk baru. Seorang perencana harus membuat karakteristik produk
yang akan dihasilkan dengan asumsi-asumsi :
1. Produk tersebut termasuk produk pioner apa produk
follower (pengikut).
2. Memilih produk yang benar-benar baru atau perluasan
merk.
3. Produk tersebut termasuk kategori barang konsumsi
atau barang bisnis.
4. Produk tersebut bagi masyarakat termasuk kebutuhan
pokok, sekunder atau tersier.
5. Produk tersebut digunakan untuk semua orang atau
kalangan terbatas.
6. Produk tersebut digunakan untuk semua usia atau
hanya umur tertentu saja.
Setelah
kita mengetahui asumsi-asumsi pengembangan produk baru, maka kita akan mudah
menentukan strategi ppeluncuran produk baru. Dimana Peluncuran produk baru
merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi para professional pemasaran. Alasan
utama untuk ini adalah bahwa pekerjaan ini mempunyai tantangan yang menarik.
Selain itu, dalam peluncuran produk baru bisa diaplikasikan berbagai ilmu dan
strategi pemasaran. Justru karena sarat dengan fungsi pemasaran, maka para
pelaku pemasaran harus hati-hati namun mantap dalam perencanaan, pelaksanaan,
dan tindak lanjut setelah kegiatan pemasaran produk baru.
Persaingan bisnis yang ketat telah
menantang para pebisnis harus selalu inovatif dan kreatif. Salah satu solusinya
adalah meluncurkan produk baru tiap tahunnya. Jumlah yang diluncurkan
tergantung daya serap pasar dan tingkat persaingan yang ada. Strategi seperti
ini harus didukung oleh semua konstituen yang ada dalam perusahaan mulai dari
bagian riset, produksi, pemasaran, distribusi, sampai kepada public relations.
Besarnya antusiasme dalam peluncuran
produk baru tidak menjamin suksesnya produk tersebut di pasar. Namun, yang
menjadi persoalan justru pada pasca kegiatan peluncuran tersebut. Data riset
memembuktikan bahwa 90% dari produk baru gagal dalam kurun waktu dua tahun.
Padahal jumlah produk atau jasa baru selalu meningkat tiap tahun. Ini pula yang
membuat sulitnya produk baru mendapat perhatian konsumen.
Besarnya kesulitan yang menghadang pada
peluncuran produk baru seharusnya tidak mengurangi semangat dalam melucurkan
produk baru. Bagaimanapun, produk baru adalah darah baru yang selalu diperlukan
perusahaan. Sementara itu, para professional pemasaran harus sadar bahwa di
balik tantangan yang berat dari peluncuran produk baru terdapat potensi yang
besar untuk berhasil.
Dalam melaksanakan peluncuran produk baru
harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1. Jangan merencanakan peluncuran sebelum
adanya kepastian bahwa produknya siap untuk diluncurkan.
Dalam
konteks ini harus ada sinkronisasi antara divisi produksi dan pemasaran. Bagian
produksi harus memastikan bahwa produk yang dihasilkan sudah sesuai dengan
standart produk baik mengenai kualitas maupun standart kemanan produk. Dengan
ketatnya persaingan bagian pemasaran harus memahami secara mendalam strategi
pemasaran yang akan diterapkan agar konsumen membeli produk baru tersebut. Jadi
perencanaan acara peluncuran harus matang.
2. Buat rencana peluncuran tidak kaku.
Dalam
era globalisasi seperti saat ini, informasi dan inovasi selalu berubah setiap
waktu. Rencana yang fleksibel dapat berubah setiap saat, menyesuaikan kondisi
dan informasi pasar. Peluncuran produk yang tepat waktu akan memudahkan produk
tersebut diterima oleh konsumen. Sebagai contoh peluncuran pupuk untuk tanaman
padi akan lebih diterima ketika dilakukan pada saat musim tanam jika
dibandingkan ketika musim panen, karena konsumen bisa segera mengaplikasikannya
sekaligus mencoba produk tersebut.
3. Gunakan beberapa macam media untuk
promosi.
Penggunaan
media untuk promosi memang mutlak diperlukan, namun bila media yang digunakan
selalau sama dengan yang terdahulu maka akan ada kejenuhan. Oleh karena itu
perlu digunakan media baru yang belum banyak digunakan. Banyak media yang bisa
digunakan untuk promosi, diantaranya iklan (elektronik dan cetak), Sales
Promotion, promosi online lewat internet dan promosi lewat Hand Phone via SMS.
4. Gunakan strategi pemasaran yang jitu
Banyak
strategi pemasaran yang berkembang di dunia, pemilihan strategi yang tepat akan
meningkatkan keberhasilan dalam pengembangan produk baru. Salah satu strategi
yang banyak dipakai adalah strategi bauran pemasaran (Marketing mix).
Menurut William J.Stanton (1986) pengertian marketing mix secara umum adalah
sebagai berikut : marketing mix adalah istilah yang dipakai untuk
menjelaskan kombinasi empat besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah
organisasi. Keempat unsur tersebut adalah penawaran produk/jasa, struktur
harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi (Arlina Nurbaity L., 2004).
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Guna
mengatasi persaingan yang ketat dari dampak pertumbuhan ekonomi yang tinggi di
Indonesia, perusahaan harus melakukan upaya peningkatan strategi dan pengembangan
produk.
Kombinasi strategi dan
Pengembangan produk baru merupakan hal penting bagi setiap perusahaan.
Perusahaan akan menjadi pemenang persaingan dan penentu harga (market
leader) jika strategi dan pengembangan produksi baru benar-benar
diaplikasikan dengan baik. Selain itu, perusahaan akan memiliki nilai (value)
tersendiri di mata konsumen. Pengembangan produk bagi perusahaan merupakan
cara yang jitu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang
kesejahteraannya semakin meningkat akibat dari pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
Pengembangan produk harus
membangkitkan ide dan inovasi yang menarik dan unik. Sehingga, produk yang
tercipta nantinya dapat memberikan kesan dan pengalaman yang baru bagi
pelanggan setelah dan saat menggunakan produk tersebutDengan begini, konsumen
akan cenderung memilih produk ini ketibang produk sejenis dari perusahaan lain.
Strategi dan pengembangan produk
merupakan strategi untuk memperpanjang daur hidup (life cycle product)
agar tetap hidup dan tidak mati (decline).
DAFTAR PUSTAKA
Cravens, W, David.
1996. Pemasaran Strategis. Edisi Empat. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kevin J. Clancy & Robert S. Shulman. 1991. “The
Marketing Revolution: A Radical Manifesto For Dominating The Marketplace.
Harper Business: Jakarta
Tjiptono,
Fandy, Ph. D dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi 2.
Andi: Yogyakarta.
http://farunnica.blogspot.com/2013/07/pengembangan-produk.html
teorinya bagus tapi konsepnya kurang>_<
BalasHapuskembangkan lagi terutama design webnya ya
BalasHapuskembangkan lagi terutama design webnya ya
BalasHapusteorinya bagus tapi konsepnya kurang>_<
BalasHapusArtikelnya komplit sekali, namun supaya lebih mudah dipahami bisa lebih simple dan lebih relevan. Mirip dengan artikel taupasa.com tentang produk baru yg bisa dibaca disini https://www.taupasar.com/2019/08/pengembangan-produk-baru-tidak-hanya.html?m=1
BalasHapusSorry maksudnya taupasar.com
BalasHapusApabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical
Salam ..... Harap Anda semua harus membaca apa yang saya katakan ....
BalasHapusBiarkan saya perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota Bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Yogyakarta.
Keinginan saya dan impian tertinggi saya adalah ingin memiliki bisnis atau toko sendiri, tetapi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda, mungkin butuh waktu yang sangat lama di mana biaya sewa dan anak-anak yang telah terakumulasi hanya akan lebih sulit dan jeritan panjang tidak akan terwujud
Saya mencoba "membuka internet dan saya melihat tulisan orang-orang sukses yang dibantu oleh seorang ulama dari sana saya mencoba untuk menghubunginya, pada awalnya saya terus mengirim sms sampai saya mendapat balasan dari perusahaan yang merupakan awal kesuksesan saya. Jika Anda ingintoget cara mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT DLL. melalui bantuan dalam menarik lebih banyak dana oleh ulama di kepala sekolah asrama shohibul Qur'an, dan akhirnya saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar utang, terima kasih Tuhan kepada Tuhan yang maha kuasa melalui bantuannya. Sekarang saya membuka usaha distribusi di Bandung.
Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Irlina Tuty Sartika untuk merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.
Hubungi ibu yang baik REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Silakan untuk penjelasan lebih rinci. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662
Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com.
Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan pinjaman yang sah ini Mrs. irlinatutysartika15@gmail.com
Anda tidak perlu ragu atau tertipu dan dikejar-kejar oleh hutang lagi, sekarang saya membagikan pengalaman yang saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.
Salam ..... Harap Anda semua harus membaca apa yang saya katakan ....
BalasHapusBiarkan saya perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota Bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Yogyakarta.
Keinginan saya dan impian tertinggi saya adalah ingin memiliki bisnis atau toko sendiri, tetapi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda, mungkin butuh waktu yang sangat lama di mana biaya sewa dan anak-anak yang telah terakumulasi hanya akan lebih sulit dan jeritan panjang tidak akan terwujud
Saya mencoba "membuka internet dan saya melihat tulisan orang-orang sukses yang dibantu oleh seorang ulama dari sana saya mencoba untuk menghubunginya, pada awalnya saya terus mengirim sms sampai saya mendapat balasan dari perusahaan yang merupakan awal kesuksesan saya. Jika Anda ingintoget cara mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT DLL. melalui bantuan dalam menarik lebih banyak dana oleh ulama di kepala sekolah asrama shohibul Qur'an, dan akhirnya saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar utang, terima kasih Tuhan kepada Tuhan yang maha kuasa melalui bantuannya. Sekarang saya membuka usaha distribusi di Bandung.
Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Irlina Tuty Sartika untuk merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.
Hubungi ibu yang baik REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya rebaccaalmaloancompany@gmail.com. Silakan untuk penjelasan lebih rinci. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662
Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com.
Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan pinjaman yang sah ini Mrs. irlinatutysartika15@gmail.com
Anda tidak perlu ragu atau tertipu dan dikejar-kejar oleh hutang lagi, sekarang saya membagikan pengalaman yang saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat.
Saya Queen Chahaya dari Gang plamboyan 1 kec kembangan, Jakarta barat, Indonesia, saya menggunakan waktu ini untuk semua teman saya INDONESIA yang telah menemukan mencari pinjaman, Anda hanya perlu berhati-hati, saya menghabiskan 12 juta untuk membeli bantuan pinjaman.
BalasHapusSatu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan kredit Anda adalah PERUSAHAAN RIKA ANDERSON. Saya mendapat pinjaman Bisnis online saya sebesar Rp50.000.000 dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Yang lain semua pembohong, Tapi PINJAMAN PERUSAHAAN RIKA ANDERSON memberi saya mimpi dan kebahagiaan saya kembali.
alamat email: rikaandersonloancompany@gmail.com
Hubungi / Whatsapp: +1 323 689-3663
Email pribadi saya sendiri: queenchahaya@gmail.com. WA +6282235421239 Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran. Hati-hati
SELAMAT DATANG DI PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND, (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp di +1(585)708-3478, tujuan kami adalah untuk memberikan Layanan Profesional Yang Sangat Baik.
BalasHapusApakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda berada dalam kekacauan finansial atau Anda membutuhkan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai bisnis skala kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki nilai kredit yang rendah dan Anda merasa sulit untuk mendapatkan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya ?.
Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, Tujuan utama kami adalah membantu Anda mendapatkan layanan yang layak Anda dapatkan, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk meringankan beban biaya bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik
Kami menawarkan semua jenis layanan keuangan kepada individu yang membutuhkan pinjaman yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman konsolidasi utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Terjamin Hipotek, Pinjaman Tanpa Agunan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Payday off, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Komersial, Pinjaman Investasi , Pinjaman Pembangunan, Pinjaman Otomatis, Pinjaman Konstruksi, dengan tingkat bunga rendah sebesar 2% per annul untuk perorangan, perusahaan dan badan usaha. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami.
Silakan, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda tertarik: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp kami di +1(585)708-3478, instragram- karina roland. facebook- elena karina roland
NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
BalasHapusNEGARA: INDONESIA
KOTA: BATU MALANG JATIMMY
WHATSAPP: +62877-4316-8500
HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com
Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas anugerah kehidupan.
Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang baik tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang mampu secara finansial membuat hidup saya berbalik.
Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk melunasinya setelah menerima pembayaran saya.
Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, KARINA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memanfaatkannya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada orang yang terkena banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui say yes harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya telah dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com
PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA
HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478
NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM
Halo semuanya
BalasHapusNama saya Josephine jumawan caballo, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang baik kepada ibu karina roland karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya telah membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman. dan saya sangat Frustras karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berhutang bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia itu teman saya menelepon susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu karina roland, jadi saya terpaksa menghubungi susan ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu karina roland bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya terpaksa memberanikan diri dan saya menghubungi ibu karina roland dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diluluskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke rekening saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang pekerjaan baik ibu karina roland jadi saya menyarankan setiap orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi e-mail Nyonya karina roland: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +15857083478 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Ny. karina Rola nd email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai karina roland 'ibu untuk merubah kehidupan finansial saya.
Satu pertemuan kuliah dalam Sekali membaca, hebat hebattt
BalasHapusApakah Anda membutuhkan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda.Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan karena alasan apapun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan keuangan Anda.Kami telah memberikan Miliaran (mata uang yang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis.Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tunjuk sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman segala jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk melunasi pinjaman Apakah Anda memiliki kredit macet? Apakah Anda butuh uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISLAMIC REFINANCING LOAN COMPANY
BalasHapustujuannya adalah untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: [islamicrefinancing@gmail.com]
Whatsapp; +15716666386
Kabar baik!!!
BalasHapusNama saya teddy dan saya dari Jawa Tengah Indonesia dan alamat saya KP. KADU RT 10 RW 04 KEL SUKAMULYA KEC CIKUPA KAB TANGERANG BANTEN, Saya baru saja menerima pinjaman Rp 3 Miliar (Small Business Admintration (SBA) dari Perusahaan Pinjaman Dangote setelah membaca artikel dari Lady Jane Alice (ladyjanealice@gmail.com) dan Mahammad Ismali (mahammadismali234@gmail.com) tentang cara mendapatkan
pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Dangote dengan tingkat bunga 2% tanpa lisensi atau biaya gurantor, saya baru saja melamar melalui email dan ikhlas selama prosesnya, awalnya saya takut mengira itu seperti penipuan perusahaan peminjaman sebelumnya, tetapi yang mengejutkan saya ini nyata bahwa saya juga berjanji akan memberi tahu lebih banyak orang, percayalah itu nyata 100%, pelamar lain dari negara lain juga dapat bersaksi.
Email Perusahaan Pinjaman Dangote Melalui email: Dangotegrouploandepartment@gmail.com
Email saya: teddyteddy2234@gmail.com
relxslot
BalasHapus